Rabu, 18 Maret 2015

Ceramah Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

Ilmu berasal dari kata allama yu allimu ilman , yang berarti mengerti, mamahami dan mengetahui .

Ilmu tidak dapat dimengerti, dipahami atau diketahui tanpa adanya proses belajar mengajar dan ilmu dapat kita pelajari kapanpun dan dimanapun kita berada tanpa mengenal ruang dan waktu, asal saja kita mau mempelajarinya dengan sungguh-sungguh.




Allah pernah berfiriman dalam Al Qur’an surah Al mujadalah : 11

يَآيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْآ اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجَلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللهُ لَكُمْ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ اُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَتٍ وَ اللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ـ المجادلة

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis.” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu.” maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu, dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Mujadilah: 11).

Dalam ayat ini jelas-jelas diterangkan bahwa orang yang memiliki ilmu serta beriman , maka Allah senantiasa akan meninggikan derajatnya.
Sahabat pembaca yang budiman :D

Menurut Kalian menuntut ilmu itu wajib gak ?? Jawabannya ya pasti wajib dong.  Lho , kok wajib .. kenapa ?? Karena Rasulullah SAW pernah bersabada :
” Menuntut Ilmu itu adalah wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan” Kalian juga pernah dengar kan ” Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China” dan ” Tuntutlah ilmu mulai dari belaian ibu , sampai ke liang lahat ”

:)


EmoticonEmoticon