Sabtu, 17 September 2016

GEOMETRI DAN MACAM-MACAM OBJEKNYA

Selamat pagi sobat Blogger, kembali lagi pada postingan saya. Pada postingan sebelumnya saya suah membahas tentang Sosok Angga, Seorang Penjual Gorengan yang Bersuara Emas dan kali ini saya akan berbagi sedikit tugas kampus pada sobat blogger semua. 
Pada postingan ini saya akan membahas tentang bagaimana Konsep Perpotongan Objek Geometri. Namun sebelum masuk ke konsepnya, Tahukah soba apa yang dimaksud dengan geometri ?

Geometri adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang hubungan antara titik-titik, garis-garis, bidang-bidang serta bangun datar dan bangun ruang (solid).

Setelah mengetahui pengertian geometri, sekarang saya akan membahas mengenai objek geometri. Penasaran apa saja objek geometri ? Yuk, baca lagi :D

  • OBJEK GEOMETRI


Objek Geometri adalah benda-benda pikiran yang sifatnya abstrak. Jadi untuk memperoleh hasil yang optimal, dalam mempelajari Geometri perlu adanya tahapan tahapan, yaitu enaktif (menggunakan benda nyata), ikonik ( menggunakan benda semi konkrit) dan simbolik ( menggunakan simbol / lambang).

Macam-macam objek Geometri :

1. Titik



Titik adalah bagian terkecil dari suatu objek geometri, yang menempati suatu tempat, yang tidak memiliki panjang, lebar, dan tinggi. 
Titik adalah suatu idea, benda pikiran yang bersifat abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Titik termasuk sesuatu yang tak terdefinisi. 

2. Garis


Sebuah garis adalah bagian dari suatu yang bersifat fisik. Sebuah garis adalah kumpulan titik-titik yang dapat kamu gambar. 
Panjangnya tak terbatas, lurus, tidak mempunyai ketebalan, dan tidak mempunyai ujung.
Garis adalah suatu idea atau objek pikiran yang abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Garis termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.


3. Bidang

Bidang adalah himpuanan garis yang memenuhi syarat-syrat tertentu. Sebuah bidang datar dapat dibayangkan seperti irisan tertipis yang dapat kamu potong. Tak terbatas, terus-menerus dalam semua arah, tidak memiliki ketebalan.                                                                            
Bidang adalah suatu idea atau benda pikiran yang bersifat abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Bidang termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.


4. Ruang

Ruang adalah gabungan dari semua titik. Tak mempunyai batas, panjang, lebar, dan tinggi. Ruang dapat dibayangkan seperti udara yang terletak diluar dan di dalam balon. Ruang adalah himpunan titik-titik di ruang berdimensi tiga.. 
Ruang adalah suatu idea atau benda pikiran yang bersifat abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Ruang termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.

Sekian dulu pembahasan kali ini sobat. Semoga dengan artikel ini sobat bisa mengetahui apa pengertian geometri dan macam-macam objek geometri. Jika sobat ada yang ingin ditanyakan, moggo jangan sungkan-sungkan mampir dikolom komentar yaa :)

Sampai jumpa dipostingan berikutnya sobat :)
Salam Blogger :)



EmoticonEmoticon