Kamis, 06 Oktober 2016

BAHAYA BEGADANG BAGI KESEHATAN YANG WAJIB DIKETAHUI

BAHAYA BEGADANG BAGI KESEHATAN - Halo guys kembali lagi bersama Dayat Mbojo's Blog, pada postingan kali ini saya akan membahasa mengenai bahaya begadang bagi kesehatan. Postingan ini cocok sekali buat teman-teman yang kerja, kuliah dan siapapun yang kegiatannya selalu dilakukan sampai larut malam.

Begadang sekarang memang menjadi salah satu pilihan ketika banyak pekerjaan belum terselesaikan. Mahasiswa contohnya, banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliahnya hingga larut malam. Namun tahukah mereka apa saja bahaya begadang bagi kesehatan ?

Tanpa berlama-lama lagi  berikut beberapa bahaya begadang bagi kesehatan yang wajib semua orang tahu :

1. Penyakit Jantung

Bahaya begadang bagi kesehatan lainnya adalah Penyakit Jantung. Serangan jantung juga disebabkan oleh angin malam. Jadi bagi kalian yang terbiasa tidur larut malam dan begadang, pastilah cenderung lebih banyak terkena angin malam. Jadi untuk mencegah dan meminimalisirnya, hapuskanlah kebiasaan begadang.

2. Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah yang tinggi. Hipertensi merupakan penyebab munculnya penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung kronis. Sedangkan faktor penyebab hipertensi salah satunya adalah kebiasaan begadang.  Jadi bagi kalian yang sampai sekarang memiliki kebiasaan begadang, hentikan kebiasaan itu karena resiko yang ditimbulkan bukanlah main-main.

3. Resiko Stroke


Bahaya begadang bagi kesehatan juga dapat menyebakna Resiko Stroke. Kurang tidur akan menyebabkan penyakit stroke. Penelitian yang dilakukan oleh Warwick Medical School dalam publikasi European Heart Journal yang menyebutkan bahwa jika tidur kurang dari enam jam setiap hari, dapat meningkatkan serangan stroke yang dapat mengakibatkan kematian sebanyak lima belas persen dan untuk resiko serangan jantung sebesar lima puluh persen.


4. Diabetes dan Obesitas


Bahaya begadang bagi kesehatan lainnya adalah dapat menyebabkan Diabetes dan Obesitas. Menurut Penelitian Tulane University School of Medicine, seseorang akan mengalami penurunan kadar hormon akibat kurang tidur. Penelitian tersebut dapat menjelaskan bahwa orang yang terlalu sering begadang rentan terhadap obesitas. Pola tidur pada larut malam dan kurang dari enam jam setiap hari akan memunculkan rasa lapar ketika malam, akibatnya akan selalu merasa lapar dan membiasakan diri untuk makan ketika tengah malam. Begadang juga kan membuat Anda mengalami obesitas karena proses metabolisme tubuh yang lambat. Jadi mulai sekarang jangan biaakan begadang.


5. Alzheimer

Bahaya begadang bagi kesehatan juga dapat menyebabkan Alzheimer. Emang apa itu alzheimer ? Alzheimer adalah penyakit pelupa atau lupa ingatan baik secara permanen maupun sementara. Alzheimer biasanya menyerang usia lanjut. Dan penyakit ini tidak menular, tetapi lebih kepada suatu sidrom disorientasi bingung dan lupa mengingat terhadap orang, tempat, serta waktu. Banyak faktor yang mempengaruhi penyebabnya antara lain adalah kurang berolahraga dan kadar kolesterol yang tinggi. Jadi bagi yang masih memilik kebiasaan begadang sampai saat ini, kurangi lagi ya :)

Itu dia beberapa penyakit yang dapat disebabkan hanya karena begadang. Jadi mulai sekarang kurangi kebiasaan begadang, bila perlu hentikan. Jagalah kesehatan dan biasakan hidup sehat.


Sekian pembahasan mengenai bahaya begadang bagi kesehatan, semoga dengan adanya artikel ini sobat semua bisa memahami kalau kebiasaan begadang tidak baik untuk kesehatan.

Salam Blogger :)


EmoticonEmoticon